Home » » apakah DNA itu

apakah DNA itu

Written By dana on Selasa, 23 Agustus 2011 | 20.45



APA ITU DNA?
DNA adalah : Rangkaian molekul penentu bentuk dan sifat semua makhluk hidup.

Semua makhluk hidup punya DNA. Manusia, kucing, monyet, pohon, tomat, pisang, bayam, dinosaurus. Semua punya kode genetik yang menentukan bentuk dan sifat-sifat mereka.

Jadi kenapa kita terbentuk seperti manusia, atau tiap orang punya ciri genetis yang berbeda, atau tumbuhan berbentuk seperti tumbuhan, atau kenapa kita mirip dengan orangtua kita, dan berbeda dengan orang lain, semuanya karena DNA yang unik.

Ada orang yang berkulit putih, ada yang sawo matang. Ada yang rambutnya bule atau berwarna hitam. Semuanya karena kita mempunyai elemen-elemen pembentuk biologis yang unik, yaitu DNA. Sekarang anda sudah tahu apa itu DNA.







Jurassic Park
Dalam film "Jurassic Park", para ilmuwan yang dibiayai Milyuner John Hammond bahkan bisa "menciptakan" aneka ragam dinosaurus hidup, dengan memakai kode genetik DNA dari fosil nyamuk yang menghisap darah dinosaurus.

DNA adalah resep, skema, sistematika, manual, peta, cetak biru, rancangan, dan informasi biologis yang unik dari makhluk hidup. Persis seperti setiap bangunan gedung yang ada cetak birunya masing-masing.

DNA...

Tidak hanya bentuk fisik makhluk hidup, tapi juga sifat, lewat keturunan.
Jadi sifat manusia bisa terbentuk dari 2 hal,
1. turunan genetik, lewat DNA dari orangtua kita.
2. unsur lingkungan.
Dan unsur yang satu bisa lebih dominan dari yang lain.













DNA, Deoxyribo-Nucleic Acid.
Kode genetik makhluk hidup. Bentuknya Double Helix, meliuk seperti spiral.




Penting nggak sih kita tahu soal DNA kita?


Sangat penting.
Karena dengan menganalisa DNA, kita akan bisa jauh lebih memahami cara kerja dan keadaan tubuh kita, dengan sangat detail. Sampai ke level molekuler.

Ini nantinya memungkinkan ..

Kita bisa hidup lebih sehat, lebih lama, lebih jauh dari penyakit. Tidak hanya dengan diobati, tapi lewat pencegahan, mendeteksi gen, bahkan dari sejak lahir.

Dengan adanya peta yang detail dari tiap molekul tubuh manusia, anomali-anomali terkecil pun bisa langsung ditemukan dan diperbaiki.

Dengan penyelidikan DNA yang paling mutakhir, mungkin nantinya manusia bisa bebas dari penyakit-penyakit berbahaya, seperti kanker, diabetes, atau jantung.

Tapi tidak itu saja, pengetahuan itu memungkinkan manusia menemukan gen-gen unggul, memanipulasi gen unggul, memperkuatnya, bahkan mengkombinasikannya dengan gen-gen unggul dari luar. Genetic Engineering.

"Human genetic engineering has the potential to change human beings' appearance, adaptability, intelligence, character and behavior. It may potentially be used in creating more dramatic changes in humans".

X-MEN, manusia-manusia super yang terciptadari mutasi DNA.
Kita Tidak Berbeda, tapi Sama

Semua orang di seluruh dunia ternyata adalah sama. Semua umat manusia, bule, asia, afrika, latin, punya 99% molekul DNA yang persis sama. Dan yang membuat perbedaan seperti warna kulit dan rambut, hanya berasal dari 1% perbedaan genetik saja.

Bahkan antara manusia dengan simpanse pun perbedaan genetiknya hanya 5 % (Wikipedia, Human Genome).

Kita semua adalah makhluk hidup yang sama, ciptaan Tuhan yang Maha Esa.

Proyek Biologi Terbesar dalam Sejarah Manusia,
The Human Genome Project
"Without a doubt, this is the most important,
most wondrous map ever produced by humankind."
Bill Clinton, 26 Juni 2000.

Ini benar-benar sebuah upaya raksasa. Para peneliti terbaik di dunia, dari Amerika, Inggris, Jerman, Prancis, Jepang dan China, mengerjakan proyek ini dengan dana US$ 3 Milyar, dan memerlukan waktu 13 tahun, dari tahun 1990 -2003 untuk menyelesaikannya.
Banyak yang membandingkan proyek pemetaan gen manusia ini dengan Proyek Manhattan yang menciptakan bom atom, energi terdahsyat dalam sejarah manusia, dan peluncuran manusia ke Bulan.

Tujuannya adalah menciptakan peta yang sangat detail dari DNA manusia, dengan harapan agar manusia punya pemahaman baru yang lebih detail dan revolusioner tentang tubuh manusia. Dengan proyek ini, kesehatan, potensi biogenetik, dan kemampuan manusia dalam mencegah dan mengobati penyakit akan jauh lebih signifikan.

Mungkin suatu hari nanti, manusia bisa hidup sampai lebih dari 100 tahun, dan bebas dari segala macam penyakit. Kita tunggu saja.


Jadi Anda sudah tahu apa itu DNA kan?
Rangkaian elemen molekul penentu bentuk dan sifat makhluk hidup.
DNA, Wikipedia.
The Secret of Life, Time Magazine.
So, We've Got the Genome Map. Now, What to Do With It? Time
Animasi,
Tour of The Basics, What is DNA? University of Utah


Bagaimana Francis Crick dan James Watson menemukan "Rahasia Kehidupan".
"Watson and Crick weren't necessarily the smartest scientists in the contest (though they were plenty smart). They weren't the most experienced; their track records in this area of science, in fact, were essentially nonexistent. They didn't have the best equipment. They didn't even know much biochemistry.

But, despite these dismal odds, they made a discovery that in the half-century since has transformed science, medicine and much of modern life—though the full impact has yet to be felt". 

sumber:imperiumindonesia
Share this article :

0 komentar:

Poskan Komentar

Tidak ada larangan untuk copas(copy-paste) dengan syarat mencantumkan sumbernya WWW.CARAANDINFORMASI.BLOGSPOT.COM,agar sama-sama untung.Terima kasih
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Cara and Informasi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger